Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol. 9 No. 4 (2022)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI INVERS DI KELAS X MIA 1 SMA LABSCHOOL UNTAD PALU

Rahmat (Unknown)
Sudarman Bennu (Pendidikan Matematika FKIP-Universitas Tadulako)
Maxinus Jaeng (Pendidikan Matematika FKIP-Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang Penerapan model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Fungsi Invers di kelas X MIA 1 SMA Labschool UNTAD Palu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Labschool UNTAD Palu yang berjumlah 20 orang siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mengikuti desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi (3) refleksi. Penelitian ini awalnya dirancang untuk dilaksanakan secara offline namun pada pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan secara online melalui ZOOM karena pendemi Covid-19. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Fungsi Invers di kelas X MIA 1 SMA Labschool UNTAD Palu mengikuti fase yaitu: 1) Persiapan, guru menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan apersepsi dan memotivasi siswa, 2) Presentasi guru, guru menyajikan materi secara singkat, 3) Kegiatan kelompok, 2 orang siswa dari tiap kelompok bertamu ke kelompok lain dan 2 siswa lainnya berperan sebagai tuan rumah, tamu dan tuan rumah saling menjelaskan hasil kelompok mareka, 4) Formalisasi, siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain menanggapi, 5) Evaluasi kelompok dan penghargaan, siswa menyimpulkan materi serta guru memberikan penghargaan kepada kelompok.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmt

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (JEPMT) is a mathematics education journal that has p-ISSN number 2338-378X and e-ISSN number 3089-803X. JEPMT contains writings raised from the results of research or critical studies in the field of mathematics education and / or its instructional. ...