An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 2 No. 3: Mei 2023

PROFESIONALISME PENDIDIK DI ERA GLOBAL DALAM PANDANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Rohani, M.Pd.I (Ilmu Hukum Fakultas Hukum, Universitas Lampung, Lampung, Indonesia)
Syarifah Nurbaiti, M.Pd.I (Prodi Ekonomi Pembangunan, Universitas Lampung, Lampung, Indonesia)
Diana, M.Pd.I (Universitas Islam An Nur Lampung , Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 May 2023

Abstract

Guru sebagai pendidik tidak hanya dituntut mengajar namun juga mampu menjadi figur dan tauladan bagi peserta didik maupun masyarakat. Dalam hal ini, tujuan penulisan adalah untuk mendeskripsikan profesionalisme guru dalam pandangan Islam. Sementara pendidikan agama Islam di era globalisasi memberikan peluang untuk mengisi kekosongan moral dan spiritual manusia modern ketika tidak mampu merespon berbagai krisis dan reformasi yang mereka hadapi, juga menjadi tantangan. Era globalisasi dimana semua unsur saling tumpang tindih telah melahirkan paradigma baru dalam pendidikan agama Islam melalui berbagai unsur pendidikan sehingga pendidikan agama Islam dapat memberikan jawaban yang tepat atas berbagai tantangan zaman. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah kajian pustaka (litelatur research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tantangan globalisasi pendidikan Islam dapat dijawab melalui tenaga pendidik yang profesional dengan etos kerja dan dedikasi yang tinggi, jiwa kepemimpinan, keteladanan, motivasi dan keterbukaan pikiran, kreatif dan demokratis. Itu tercermin melalui desain dan model pembelajaran, serta dalam perencanaan dan evaluasi pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...