Tujuan dari penelitian ini adalah mengoptimalkan pemanfaatan teknologi e-learning untuk penskoran butir soal pilihan ganda pada pembelajaran Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan model kajian pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi e-learning dalam proses penskoran butir soal pilihan ganda pada pembelajaran Agama Islam berbasis Excel dan Moodle menjadi langkah inovatif dalam pengolahan hasil tes peserta didik. Penggunaan teknologi e-learning juga memungkinkan pendidik untuk memberikan umpan balik secara instan kepada peserta didik. Hasil penilaian dapat langsung dikomunikasikan kepada peserta didik, sehingga mereka dapat mengevaluasi pemahaman dan kinerja mereka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknologi ini juga memberikan kemudahan dalam menghasilkan laporan dan analisis statistik terkait hasil tes, sehingga pendidik dapat dengan cepat mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan dalam proses pembelajaran
Copyrights © 2023