An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 2 No. 4: Juli 2023

Pemanfaatan Teknologi E-learning untuk Penskoran Butir Soal Pilihan Ganda pada Pembelajaran Agama Islam

Teguh Hadi Wibowo (Universitas Muhammadiyah Lamongan, Jawa Timur, Indonesia)
Mar’atul Azizah Zahro (ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengoptimalkan pemanfaatan teknologi e-learning untuk penskoran butir soal pilihan ganda pada pembelajaran Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan model kajian pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi e-learning dalam proses penskoran butir soal pilihan ganda pada pembelajaran Agama Islam berbasis Excel dan Moodle menjadi langkah inovatif dalam pengolahan hasil tes peserta didik. Penggunaan teknologi e-learning juga memungkinkan pendidik untuk memberikan umpan balik secara instan kepada peserta didik. Hasil penilaian dapat langsung dikomunikasikan kepada peserta didik, sehingga mereka dapat mengevaluasi pemahaman dan kinerja mereka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknologi ini juga memberikan kemudahan dalam menghasilkan laporan dan analisis statistik terkait hasil tes, sehingga pendidik dapat dengan cepat mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...