An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 2 No. 6: Novermber 2023

Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab Belajar di SMK Muhammadiyah 1 Metro

Dedah Hidayanti (Unknown)
Nisa Nur Azizah (Unknown)
Ghulam Murtadlo M.Pd. I (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran yang dimainkan oleh guru bimbingan konseling dalam mengembangkan karakter tanggung jawab belajar di SMK Muhammadiyah 1 Metro. Karakter tanggung jawab belajar merupakan aspek penting dalam membentuk sikap siswa yang berorientasi pada belajar, kemandirian, dan konsistensi dalam menyelesaikan tugas akademik. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam studi ini, melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap guru bimbingan konseling, siswa, serta staf pendidikan lainnya di sekolah. Hasil penelitian menyoroti peran utama guru bimbingan konseling dalam memberikan bimbingan, motivasi, dan dukungan kepada siswa dalam memahami arti pentingnya tanggung jawab belajar. Mereka juga berperan dalam mengidentifikasi hambatan yang mungkin dihadapi siswa dalam membangun karakter tanggung jawab belajar serta memberikan strategi untuk mengatasinya. Selain itu, guru bimbingan konseling bekerja sama dengan staf pendidikan lainnya untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memfasilitasi perkembangan karakter tanggung jawab belajar. Peran guru bimbingan konseling di SMK Muhammadiyah 1 Metro sangat signifikan dalam membantu siswa memahami, menginternalisasi, dan menerapkan nilai tanggung jawab belajar dalam kehidupan akademik mereka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...