Penelitian ini berfokus pada strategi bimbingan dan konseling guru untuk mengurangi kenakalan siswa melalui konseling individual. Latar belakang penelitian ini adalah generasi remaja penerus bangsa yang diharapkan mampu membangun dan mengabdi pada negara. Penelitian ini memperjelas respon yang tepat melalui konseling individual kepada siswa dalam rangka mengurangi kenakalan siswa, berdasarkan batasan rumusan masalah apakah konseling individual dapat mengurangi kenakalan siswa, dimaksudkan untuk mendeskripsikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bimbingan dan konseling. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan di sekolah untuk mengurangi kenakalan siswa adalah konseling individual, layanan informasi, dan konseling kelompok. Kegiatan orientasi dan konseling yang diberikan oleh pengawas dan konselor sangat efektif, hal ini terlihat pada perilaku siswa yang telah menjalani bimbingan
Copyrights © 2023