An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 2 No. 4: Juli 2023

Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kalam pada Peserta Didik Kelas VII SMP Miftahul Jannah Sekampung Lampung Timur

Agil Monalia (SD Tahfidzul Quran Al-Husna Sekampung Lampung Timur, Indonesia)
Khabibul Khoiri (Prodi PBA, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Agus Salim Metro Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kalam pada peserta didik kelas VII SMP Miftahul Jannah Sekampung Lampung Timur dengan mengimplementasikan model pembelajaran project based learning (PJBL). Desain pada penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK), teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, test, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan keterampilan kalam dilihat dari prosentase ketuntasan yaitu pada pra siklus sebesar 45,83%, pada siklus I sebesar 79,16%, dan pada siklus II sebesar 91,6%. Dengan demikian dengan mengimplentasikan model pembelajaran project based learning (PJBL), dapat meningkatkan keterampilan kalam pada peserta didik kelas VII SMP Miftahul Jannah Sekampung Lampung Timur

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...