An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 3 No. 1: Januari 2024

Persepsi Dan Partisipasi Perempuan Dalam Gerakan Pendidikan Bahasa Arab Dipondok Pesantren Nurul Auliya Sulusuban Lampung Tengah

Jauharotun Nafisah (Universitas Ma’arif Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji persepsi dan partisipasi perempuan dalam gerakan pendidikan bahasa Arab di Pondok Pesantren Nurul Auliya Sulusuban Lampung Tengah. Bahasa Arab bukan hanya sebagai bahasa ajaran Islam, tetapi juga memiliki peran dalam bidang sains, teknologi, dan budaya nasional, serta menjadi media perubahan politik internasional. Belajar bahasa Arab memerlukan pendekatan yang berbeda dari belajar bahasa ibu, dan hal ini mencakup metode, media, model pengajaran, bahan ajar, materi, dan proses pelaksanaan pengajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan, yang melibatkan observasi partisipan, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan fokus kelompok. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa budaya lokal, tradisi masyarakat, dan faktor-faktor sosioekonomi mempengaruhi persepsi dan partisipasi perempuan dalam pendidikan bahasa Arab di pondok pesantren. Teori-teori seperti Pendidikan dan Empowerment, Gender dan Pembangunan, Sosialisasi Gender, Keterlibatan dan Partisipasi, serta Kritis digunakan sebagai kerangka teoretis dalam penelitian ini. Peran perempuan dalam pendidikan Bahasa Arab memiliki dampak signifikan dalam kemajuan dan perkembangan masyarakat. Secara keseluruhan, perempuan memiliki peran penting dalam mendidik generasi yang beriman dan berakhlak mulia, serta menjadi sumber pemenuhan hak bagi anak-anak mereka. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang tantangan dan peluang yang dihadapi perempuan dalam konteks pendidikan Bahasa Arab di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...