An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 3 No. 5: September 2024

PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN KE NU AN DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF 06 SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Harianto, Salim (Unknown)
A. Muslimin (Unknown)
Siti Roudhotul Jannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2024

Abstract

Pengembangan kurikulum menjadi hal yang harus dilakukan oleh lembaga pendidikan terlebih lagi kaitannya dengan pengembangan kurikulum dalam upaya pembentukan karakter siswa yang menghargai sesamanya meskipun memiliki paham yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum muatan lokal keagamaan aswaja dalam membentuk karakter, kendala dan faktor pendukung yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kurikulum. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis field research. Sumber datanya adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru muatan lokal aswaja. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini pertama, Implementasi kurikulum mulok keagamaan aswaja dalam upaya pembentukan karakter siswa berbasis kecerdasan moral di MA Nurul Islam Kriyan pembelajaran Aswaja tidak mengacu pada teori saja, tetapi juga melalui penerapan pembiasan-pembiasaan di madrasah, hal tersebut sebagai upaya sadar dan kontinu dalam mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai dasar Aswaja pada siswa. kedua, kendala yang dihadapi adalah Ketersediaan buku pelajaran yang masih terbatas, Sarana dan prasarana yang kurang memadai, keterbatasan waktu guru mengajar, dan minat siswa masih kurang. Ketiga, faktor pendukung ada pada guru dan budaya madrasah yang bernuansa aswaja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...