An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 3 No. 3: Mei 2024

Peran Multikulturalisme Dalam Paradigma Pendidikan Islam

Nur Hidayati (Unknown)
Septia Windari (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian buku dan ulasan literatur, serta jurnal nasional dan internasional. Data sekunder dikumpulkan dari buku, jurnal, dan artikel online relevan. Analisis deskriptif digunakan untuk mencapai kesimpulan tentang subjek penelitian dan kondisi saat ini. Literatur yang digunakan terkait dengan cara pemerintah mengatur pendidikan di Indonesia. Pendidikan Islam bertujuan membina insan kamil, menangani keanekaragaman, dan meningkatkan kesadaran akan multikulturalisme. Pendidikan multikultural dianggap penting dalam mempersiapkan individu untuk hidup damai dan adil dalam masyarakat plural. Muslim diharapkan menjadi agen toleransi antarbudaya. Para ahli pendidikan Islam memiliki pandangan berbeda tentang dasar pendidikan Islam, dengan istilah utama Tarbiyah, Ta'dib, dan Ta'lim. Tujuan pendidikan Islam adalah memperbaiki manusia melalui pengembangan, perawatan, pengaturan, pendidikan, dan pengajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...