An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 3 No. 3: Mei 2024

PERAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Iskandar Zulkarnain (Unknown)
Agus Kenedi (Unknown)
Mujiyatun (Unknown)
Agus Sujarwo (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan yang mendalam untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai praktik supervisi akademik dan dampaknya terhadap kinerja guru PAI. Subjek penelitian adalah kepala madrasah dan guru PAI yang dipilih secara purposive sampling di beberapa madrasah. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah memainkan peran penting dalam supervisi akademik yang mencakup pembinaan profesionalisme guru, evaluasi dan monitoring pembelajaran, serta penyediaan sumber daya dan dukungan. Supervisi akademik yang efektif berdampak positif pada peningkatan kualitas pembelajaran, pengembangan kompetensi profesional guru, serta peningkatan motivasi dan kepuasan kerja guru PAI. Namun, terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan supervisi, seperti keterbatasan waktu dan sumber daya, kurangnya kompetensi supervisi kepala madrasah, dan resistensi dari guru PAI. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa supervisi akademik oleh kepala madrasah sangat vital dalam meningkatkan kinerja guru PAI. Oleh karena itu, diperlukan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi kepala madrasah dalam supervisi akademik dan mengatasi kendala yang ada. Dengan demikian, diharapkan kualitas pendidikan agama Islam di madrasah dapat terus ditingkatkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...