Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan metode Role Playing dalam meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas X SMAN 1 Telukjambe. Kami melakukan penelitian dalam dua siklus, dengan satu sesi pertemuan di setiap siklusnya. Kami menggunakan satu kelas sebagai kelompok eksperimen untuk mengimplementasikan metode bermain peran. Kami mengumpulkan data dengan memberikan kuesioner tentang minat belajar, melakukan wawancara, dan melakukan observasi. Temuan menunjukkan adanya peningkatan yang mencolok dalam kecenderungan siswa untuk memperoleh pengetahuan dalam PAI ketika menggunakan teknik role playing dibandingkan dengan pembelajaran tradisional. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik bermain peran dapat menjadi pendekatan yang sangat berhasil untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam mempelajari PAI di tingkat sekolah menengah atas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024