An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 3 No. 4: Juli 2024

Islam dan Moderasi Beragama: Analisi Tafsir Mudhui

Muhammad Fahmi Alfian (Jurusan Ilmu Al-Qur’an Tafsir, Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Nazelia Leyli Syakilla (Jurusan Ilmu Al-Qur’an Tafsir, Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Nurul Indah (2 Jurusan Ilmu Al-Qur’an Tafsir, Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Studi ini menganalisis konsep Islam tentang moderasi beragama melalui pendekatan tafsir maudhu’. Fokus utama adalah untuk memahami konsep moderasi dalam Islam, dengan meninjau ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan serta menggali penafsiran ulama terkemuka. Metode analisis tafsir dilakukan dengan memeriksa teks-teks klasik dan kontemporer yang menafsirkan ayat-ayat relevan. Temuan utama menunjukkan bahwa Islam mendorong umatnya untuk menjalani kehidupan yang seimbang, moderat, dan bertanggung jawab dalam praktik keagamaannya. Konsep moderasi beragama ditekankan dalam konteks berbagai aspek kehidupan, termasuk ibadah, sosial, ekonomi, dan politik. Tafsir maudhu’ memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana konsep ini diterapkan dalam konteks zaman modern, dengan mempertimbangkan perubahan sosial, budaya, dan teknologi. Implikasi dari studi ini adalah pentingnya memahami ajaran Islam secara holistik dan kontekstual untuk mempromosikan toleransi, perdamaian, dan kemajuan dalam masyarakat. Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi aplikasi praktis konsep moderasi beragama dalam berbagai konteks kehidupan dan memperkuat pemahaman tentang nilai-nilai Islam yang inklusif dan progresif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...