An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 3 No. 4: Juli 2024

Pengembangan Media Vipantako Materi Makanan Halal dan Haram Pada Pembelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VI MI/SD

Risda Lailul Yulfa Fitria (Unknown)
Khamidatun Hidayah (Unknown)
Asnal Mala (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran vipantako materi makanan halal dan haram pada pembelajaran fiqih kelas VI MI/SD agar mempermudah memahami materi dan memperoleh pembelajaran bermakna. Metode penelitian ini menggunakan penelitian studi literature atau studi kepustakaan. Tahapan dilakukan melalui enam tahapan yaitu 1)Tahap memilih tema sesuai dengan informasi pengembangan media. 2) Explorasi informasi. 3) Tahap penentuan arah penelitian 4) Tahap mengumpulkan sumber data, sumbber data diambil berdasarkan informasi yang relevan dengan tema 5) Penyajian data dan menyusun laporan. Analisis data yang dilakukan yaitu pemilihan, pembandingan, penggabungan, dan pemilahan sehingga ditemukan data relevan. Pengecekan antar pustaka dan pemerhatian terhadap komentar pembimbing dilakukan guna menjaga kekekalan proses mengevaluasi, mencegah dan menghilangkan informasi yang salah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran vipantako dapat meningkatkan hasil belajar yang dapat digunakan sebagai sarana pendukung dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran vipantako dapat memberikan pembelajaran menyenangkan dan layak digunakan sebagai media pembelajaran kelas VI MI/SD materi makanan halal dan haram pada pembelajaran fiqih.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...