An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 3 No. 2: Maret 2024

MODEL MANAJEMEN KUALITAS TERPADU DALAM PENINGKATAN STANDAR AKADEMIK DI PERGURUAN TINGGI ISLAM

Rita Linda (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Model Manajemen Kualitas Terpadu (Total Quality Management, TQM) dalam meningkatkan standar akademik di perguruan tinggi Islam. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini mengkaji proses implementasi TQM di beberapa perguruan tinggi Islam di Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TQM telah berhasil meningkatkan kualitas proses akademik, termasuk pengembangan kurikulum berbasis kualitas, peningkatan kompetensi dosen, dan sistem penilaian yang lebih transparan dan adil. Selain itu, kepuasan mahasiswa, dosen, dan staf administrasi juga meningkat secara signifikan. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam implementasi TQM, seperti resistensi terhadap perubahan, keterbatasan sumber daya, dan perluasan implementasi yang belum merata. Kesimpulannya, penerapan TQM di perguruan tinggi Islam memiliki potensi besar untuk meningkatkan standar akademik dan integrasi nilai-nilai Islam dalam seluruh proses pendidikan, meskipun memerlukan komitmen berkelanjutan dan upaya untuk mengatasi tantangan yang ada.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...