An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 3 No. 4: Juli 2024

PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM

Miftahul Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Falah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru, siswa, dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MBS di MI Nurul Falah memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah dalam mengelola sumber daya dan pengambilan keputusan, yang berdampak positif terhadap mutu pendidikan Islam. Partisipasi aktif guru dan orang tua dalam perencanaan dan pelaksanaan program sekolah serta peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan rutin merupakan faktor penting dalam keberhasilan penerapan MBS. Selain itu, pengembangan sarana dan prasarana seperti ruang kelas yang nyaman, perpustakaan yang lengkap, dan laboratorium yang memadai juga berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. Namun demikian, penerapan MBS di MI Nurul Falah masih menghadapi beberapa tantangan, antara lain keterbatasan dana dan perlunya peningkatan dukungan teknologi. Meskipun demikian, dengan komitmen dan kerjasama yang kuat dari semua pihak, tantangan tersebut dapat diatasi, dan penerapan MBS dapat terus ditingkatkan untuk memberikan manfaat lebih besar bagi pendidikan Islam di madrasah. Kesimpulannya, penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di MI Nurul Falah telah memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam, baik dalam hal prestasi akademik siswa, keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler, maupun sikap dan perilaku siswa. Dengan terus mengembangkan partisipasi aktif, meningkatkan kompetensi guru, dan mengatasi tantangan yang ada, MI Nurul Falah dapat terus meningkatkan mutu pendidikannya dan menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...