Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam meningkatkan kualitas pendidikan karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Ikhlas. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang implementasi MBS dan dampaknya terhadap pendidikan karakter. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MBS di SDIT Al-Ikhlas efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif seluruh komponen sekolah dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan sumber daya, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan karakter siswa. Kepala sekolah berperan sebagai pemimpin visioner, memfasilitasi kolaborasi antar guru dan melibatkan orang tua serta komunitas dalam berbagai program sekolah. Kurikulum dan program kerja dirancang secara sistematis untuk mendukung pendidikan karakter, dengan hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek-aspek karakter siswa seperti kejujuran, kedisiplinan, dan tanggung jawab. Meskipun terdapat hambatan seperti keterbatasan sumber daya dan resistensi terhadap perubahan, komitmen dan kerjasama dari seluruh komponen sekolah telah membantu mengatasi sebagian besar hambatan tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa MBS merupakan strategi efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter di sekolah dasar, memberikan rekomendasi praktis bagi sekolah lain yang ingin menerapkan pendekatan serupa
Copyrights © 2023