An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 3 No. 6: November 2024

Analisis Kualitatif Pengaruh Teknologi Digital terhadap Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pengembangan Keterampilan Abad ke-21 di Indonesia

Asmadewi (Universitas Islam Annur Lampung, Indonesia)
Diana (Universitas Tadulako, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning, PBL) semakin populer sebagai metode yang efektif dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21, namun penerapannya di Indonesia masih menghadapi tantangan, terutama terkait akses teknologi yang tidak merata dan keterampilan digital yang bervariasi di kalangan siswa dan pengajar. Masalah utama yang dihadapi adalah bagaimana teknologi digital, termasuk alat kolaborasi daring dan platform pendidikan, dapat mendukung desain dan implementasi PBL yang efektif, serta dampaknya terhadap keterlibatan siswa dan pengembangan keterampilan praktis mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur untuk mengkaji berbagai penelitian terdahulu terkait penerapan teknologi dalam PBL dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Metode analisis dokumen digunakan untuk menilai pengaruh penggunaan alat digital terhadap keterlibatan siswa dalam proyek, serta pengembangan keterampilan kolaborasi, kreativitas, dan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi kolaborasi yang lebih efisien, dan memperkaya proses kreatif dalam proyek. Alat seperti Google Classroom, Microsoft Teams, dan Trello mendukung komunikasi lebih cepat, meningkatkan efisiensi kolaborasi, dan memperluas akses ke materi pembelajaran. Namun, tantangan signifikan terkait dengan ketidakmerataan infrastruktur digital dan kurangnya keterampilan teknis di beberapa daerah masih menghambat efektivitas penerapan PBL. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pelatihan yang memadai bagi siswa dan pengajar serta meningkatkan akses teknologi agar PBL berbasis digital dapat berjalan dengan optimal di Indonesia

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...