An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 4 No. 2: Maret 2025

PENERAPAN METODE KETELADANAN DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN EL-QURRO LAMPUNG UTARA

Joko Nur Ukhro (Unknown)
Muhammad Yusuf (Unknown)
Dedi Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Tujuan utama pendidikan nasional adalah membentuk manusia yang berakhlak mulia, namun tantangan modern seperti pengaruh negatif media sosial membuat tujuan ini sulit tercapai. Pendidikan Islam, khususnya melalui lembaga pesantren, memiliki peran strategis dalam pembinaan akhlak, dengan meneladani Nabi Muhammad SAW sebagai figur berakhlak agung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keteladanan Kyai dalam membina akhlakul karimah santri di Pondok Pesantren El-Qurro Lampung Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kyai berperan penting melalui empat aspek keteladanan, yaitu Qudwah al-Ibadah (teladan dalam ibadah), Qudwah Zuhud (kesederhanaan), Qudwah Tawadhu’ (kerendahan hati), dan Qudwah al-Karimah (akhlak mulia). Setiap aspek ini tercermin dalam perilaku Kyai sehari-hari dan memberikan pengaruh positif terhadap karakter santri. Keteladanan Kyai tidak hanya membentuk akhlak santri melalui teori, tetapi juga melalui praktik dan pembiasaan langsung dalam kehidupan sehari-hari di pesantren. Penelitian ini menegaskan bahwa peran Kyai sebagai teladan memiliki kontribusi besar dalam membentuk santri yang religius, berakhlak mulia, dan siap menjadi generasi Islami yang tangguh

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...