Penelitian ini untuk mengetahui penerapan prima pada kantor kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas I Sorong. Pelayanan prima merupakan pelayanan yang sangat baik atau pelayanan yang sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku yang dimiliki oleh instansi yang memberikan pelayanan, pelayanan prima berpengaruh positif terhadap kepuasan dan kepercayaan masyarakat yang merupakan pengguna layanan terhadap pelayanan publik. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang berusaha mendeskripsikan penerapan pelayanan prima di kantor kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas I Sorong. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi pustaka. Adapun informan penelitian adalah masyarakat pengguna layanan dan pegawai di kantor kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas I Sorong, teknik pemilihan informan dilakukan melalui purposive sampling. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan pihak kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas I Sorong sudah berusaha optimal dalam menerapkan pelayanan prima.
Copyrights © 2023