cover
Contact Name
Irwan
Contact Email
jurnaljgpiyb@gmail.com
Phone
+6282198409098
Journal Mail Official
jurnaljgpiyb@gmail.com
Editorial Address
Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik INSTITUT ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK ( IISIP ) YAPIS BIAK Jln. S. Condronegoro (Samofa); Telepon: 0981-2911681 Biak Papua
Location
Kab. biak numfor,
P a p u a
INDONESIA
Journal Governance and Politics (JGP)
ISSN : 27763471     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Journal Governance and Politics (JGP) (e-ISSN 2776-3471) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang kajian tata kelola pemerintahan, kebijakan publik, politik dan kajian sosial dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, implementasi teknologi, dan kebijakan tentang tata kelola pemerintahan, kebijakan publik, politik dan kajian sosial.
Articles 90 Documents
Analisis Pelayanan Pemerintahan Kepada Masyarakat Di Kampung Anjareuw Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor Hamjah Bonso; Mateus H Yarangga
Journal Governance and Politics (JGP) Vol 1 No 1 (2021): Journal Governance and Politics (JGP)
Publisher : IISIP YAPIS Biak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem penyelenggaraan pemerintahan kampung berfungsi sebagai pengayom, pembina, pelayan, dan penggerak partisipasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan kepada masyarakat di kampung Anjareuw distrik Samofa kabupaten Biak Numfor. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pelayanan Pemerintahan Kampung Anjareuw Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor sangat maksimal dalam hal pelayanan, program pelayanan kepada masyarakat sudah merata dalam arti tidak membedakan suku ras dan marga, dan tidak mengutamakan dan mendahulukan warga pribumi, keterbukaan kepada masyarakat tentang adanya bantuan-bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, pelayanan yang sudah di berikan oleh pemerintahan kampung anjareuw distrik samofa kabupaten biak numfor, sudah di anggap baik, karena adanya sosialisasi dan komunikasi yang baik secara langsung kepada masyarakat.
Analisis Pelayanan Administrasi Pemerintahan di Kelurahan Saramom Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor Amrin Wou; Pascalina M.A. Rumbiak
Journal Governance and Politics (JGP) Vol 1 No 1 (2021): Journal Governance and Politics (JGP)
Publisher : IISIP YAPIS Biak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelayanan merupakan kunci keberhasilan dalam berbagai usaha atau kegiatan yang bersifat jasa. Semakin baik pelayanan yang diberikan akan mendapatkan hasil yang memuaskan sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk menganalisis bagaimana Pelayanan Administrasi Pemerintahan di Kelurahan Saramom Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecendurungan kurang optimalnya pelayanan administrasi pemerintahan pada Kelurahan Saramom.
Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis di SMP Negeri 4 Biak Timur Kabupaten Biak Numfor Busyairi Ahmad; Sara S. Weyai
Journal Governance and Politics (JGP) Vol 1 No 1 (2021): Journal Governance and Politics (JGP)
Publisher : IISIP YAPIS Biak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program pendidikan gratis merupakan salah satu program unggulan Pemerintah dan bantuan diberikan langsung oleh Pemerintah Daerah kepada satuan pendidikan untuk membiayai kegiatan operasional satuan pendidikan baik negeri maupun swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pemerintah daerah dalam pelaksanaan pendidikan gratis dan mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Kebijakan Pendidikan gratis di SMP Negeri 4 Biak Timur Kabupaten Biak Numfor. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan pendidikan gratis di SMP Negeri 4 Biak Timur sudah berjalan dengan baik. Dana BOS yang diterima sekolah sudah dipergunakan sebagaimana mestinya yaitu untuk pembiayaan pendidikan khususnya biaya operasional sekolah.
Kualitas Pelayanan Alokasi Dana Desa Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Pada Kampung Anjareuw Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor Amiruddin Amiruddin; Mardy M. Yarangga
Journal Governance and Politics (JGP) Vol 1 No 1 (2021): Journal Governance and Politics (JGP)
Publisher : IISIP YAPIS Biak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelayanan adalah proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Alokasi Dana Desa dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Pada Kampung Anjareuw Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dalam Program Pelayanan Pemerintahan Kampung Anjareuw Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor, masih kurang maksimal dan sangat Minim dalam hal pelayanan yang menyangkut tentang dana desa. Serta Dalam program pelayanan dana desa kepada masyarakat belum merata dalam arti belum tepat, dan belum efisien, dan juga tidak ada keterbukaan kepada masyarakat tentang adanya bantuan-bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, tentang dana desa.
Peran Pendamping Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Distrik Numfor Barat Kabupaten Biak Numfor M. Saleh Laha; Ronaldi Dorohungi
Journal Governance and Politics (JGP) Vol 1 No 1 (2021): Journal Governance and Politics (JGP)
Publisher : IISIP YAPIS Biak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendamping Desa merupakan sebuah jabatan dibawah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Indonesia yang pembentukannya berdasarkan Undang-Undang Desa dan bertugas untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat di sebuah Desa. Pemberdayaan masyarakat sebagai proses pembangunan sumber daya manusia dalam menggali potensi pribadi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif. Hasil dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa proses pendampingan desa melalui (1) pembinaan aparatur pemerintahan desa dalam bidang teknologi. (2) pendampingan dalam penyusunan RPJMDes, RKPDes, dan APBDes. (3) Mengadakan diskusi kelompok tani dan nelayan, serta peran pemuda dalam pembangunan desa.
Prosedur Administrasi Dalam Penerimaan Petugas Kebersihan Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Biak Numfor Djamil Hasim; Khaleb R. Rumere
Journal Governance and Politics (JGP) Vol 1 No 1 (2021): Journal Governance and Politics (JGP)
Publisher : IISIP YAPIS Biak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem penerimaan petugas dalam suatu instansi akan berdampak pada pekerjaan yang nantinya akan diemban, sebagaimana yang terjadi dalam prnrtimaan petugas kebersihan. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui prosedur adamistrasi penerimaan petugas kebersihan dan untuk mengetahui kendala dalam penerimaan petugas kebersihan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur administrasi belum tertata dengan bagus dalam penerimaan pegawai kebersihan, selanjutnta memiliki kendala internal pelamar dan kendala eksternal.
Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Kerja Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Supiori Mohamad Sudi; Suzana S. Mamoribo
Journal Governance and Politics (JGP) Vol 1 No 1 (2021): Journal Governance and Politics (JGP)
Publisher : IISIP YAPIS Biak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Produktivitas Pegawai menjadi pusat perhatian dalam upaya meningkatkan kinerja yang mempengaruhi tingkat efisiensi dan efektivitas organisasi. Motivasi diharapkan dapat mempengaruhi kenirja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik motivasi yang digunakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Supiori dalam meningkatkan kinerja pegawai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni oberservasi, wawancara, dokumentasi. Motedo penelitian yakni pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat motivasi yang digunakan pimpinan terlakasana dengan baik, hal ini ditunjukkan dari hasil meningkatnya produktivitas kerja, kedisiplinan, serta keterampilan. Upaya pimpinan dalam meningkatkan kinerja meliputi penetapan disiplin kerja, pengawasan, menciptakan iklim kerja yang kondusif, pemberian insentif, serta kompensasi.
Collaborative Governance Dalam Penanganan Covid-19 Hamjah Bonso; Irwan Irwan
Journal Governance and Politics (JGP) Vol 1 No 2 (2021): Journal Governance and Politics (JGP)
Publisher : IISIP YAPIS Biak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kolaborasi antara pemerintah dengan swasta menjadi penting dalam penanganan bencana. Penelitian tentang kolaborasi swasta dengan pemerintah sangat penting untuk dilakukan saat ini, peran Negara sebagai satu-satunya aktor tunggal yang mampu melaksanakan segala hal mulai hilang relevansinya saat ini, olehnya itu peran negara haruslah diminimalisir dan penguatan peran sektor swasta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library search), yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data Pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Kolaborasi merupakan cara alternatif yang mungkin untuk segera menanggapi pandemi Covid-19 adalah dengan memanfaatkan infrastruktur, sumber daya manusia, dan proses sektor swasta. Serta diantara bentuk kolaborasi yaitu: sosialisasi bahaya Covid-19, pembagian masker, produksi dan penyemprotan disinfektan, pembagian hand sanitizer.
Analisis Kinerja Satpol PP Dalam Penegakan PERDA Terhadap Pedagang Kaki Lima Di Kota Sorong Rusdi Rusdi; Muh. Arifin Abd.Kadir; Ismed Kelibey; La Basri
Journal Governance and Politics (JGP) Vol 1 No 2 (2021): Journal Governance and Politics (JGP)
Publisher : IISIP YAPIS Biak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan dalam hal Penegakan PP terhadap PKL apalagi di masa pandemic Covid 19 telah memberikan warna tersendiri bagi satpol PP dengan tugas membantu Kepala Daerah untuk menciptakan kondisi suatu daerah yang tentram, tertib dan teratur sehingga pada penyelenggaraan roda Pemerintahan berjalan lancer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan tugas satpol PP dalam menegakkan Peraturan Daerah Nomor 36 Tahun 2013 terhadap Pedagang Kaki Lima di kota Sorong serta faktor apa yang menghambat satpol PP dalam menegakkan peraturan daerah terhadap pedagang kaki lima. Metode Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Satpol PP dalam menegakkan peraturan daerah Kota Sorong terhadap pedagang belum maksimal dan pelaksanaan penegakan belum sesuai dengan PP Nomor 36 tahun 2013 karena adanya faktor penghambat berupa kurangnya kuantitas dan kualitas Personil, terbatasnya sarana prasarana pendukung operasional, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat dan ketidak pedulian masyarakat mengenai Peraturan Daerah, belum optimalnya penegakan hukum kepada para pelanggar serta pemberian sangsi yang masih relatif ringan sehingga tidak menimbulkan efek Jera bagi para pelanggar. untuk itu di sarankan agar Pemerintah Daerah harus mengusulkan penambahan personil satpol PP dan memenuhi kebutuhan sarana dan prasaranan yang di butuhkan.
Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility PT. Vale Terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat Musdalifah Djamaluddin; Andi Agustang; Andi Muhammad Idkhan; Rifdan
Journal Governance and Politics (JGP) Vol 1 No 2 (2021): Journal Governance and Politics (JGP)
Publisher : IISIP YAPIS Biak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Implementasi adalah pelaksanaan serangkaian kegiatan dalam rangka untuk memberikan kebijakan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility PT. Vale Terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, dokumentasi, kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan CSR yang berkelanjutan diharapkan mampu memberikan keuntungan di masa yang akan datang. Selain itu, CSR juga memberikan keuntungan kepada masyarakat, terutama masyarakat lokal yang terdampak langsung oleh kegiatan bisnis perusahaan, keuntungan bagi masyarakat bisa berupa peningkatan taraf hidup yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.