Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: 1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul Asafa Takalar. 2) pengaruh konsep diri (Self Concept) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul Asafa Takalar. 3) pengaruh kecerdasan emosional dan konsep diri (Self Concept) secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul Asafa Takalar. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul Asafa Takalar sebanyak 84 siswa. Teknik pengambilan Sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh, Jumlah Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul Asafa Takalar sebanyak 84 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul Asafa Takalar diperoleh nilai p (Sig.) = 0,000. 2) Terdapat pengaruh konsep diri (Self Concept) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul Asafa Takalar diperoleh nilai p (Sig.) = 0,020. 3) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan konsep diri (Self Concept) secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul Asafa Takalar diperoleh nilai p (Sig.) = 0,001.
Copyrights © 2023