Pengawasan sangat penting dalam pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya peningkatan pengawasan pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas 1 Sorong. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pegawai di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas 1 Sorong. Untuk menganalisis data dalam masalah dalam penelitian ini penulis menggunakan analisa data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan pengawasan pada Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas 1 Sorong dilakukan melalui pengawasan yang dilakukan berdasarkan standar operasional prosedur dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dengan adanya upaya-upaya yang dilakukan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas 1 Sorong.
Copyrights © 2024