Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan

Using Google Classroom on Inquiry Based Learning to Improve Students’ Learning Participation

Abd Ghofur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan partisipasi belajar peserta didik dalamproses belajar, karena Google Classroom memiliki ruang diskusi yang cukup luas dantanpa batas, dimana pendidik dapat menciptakan kelas kolaboratif dalam hubunganinteraktif dengan peserta didikyang lain. Google Classroom memiliki beberapa fituryang dapat digunakan dalam proses pembelajaran antara lain halam utama yang dapatmenampilkan tugas peserta didik, penyusunan kelas yang sesuai dengan keinginanpendidik, penyimpanan di Google Drive, dapat diakses melalui smartphone, dapatmenampung semua jenis file, dan dapat menambahkan gambar profil. Selain itu ada fiturlain yang dapat digunakan pendidik dalam mengembangkan materi yaitu Reusepost,Createquestion, Createassignment, dan Createannouncement. Selain itu Google Classroommerupakan salah satu media pembelajaran yang berbasis metode pembelajaran inkuiri,karena Google Classroom dapat melibatkan kemampuan peserta didik secara maksimaldalam mencari, memahami, menyelidiki, menganalisis dan merumuskan hasil belajar.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan. Hasil pemanfaatan media Google Classroom diaplikasikan kedalam desain perkuliahan mata kuliah strategi pembelajaran yang terdiri dari dua aspekyaitu materi perkuliahan dan metode perkuliahan. Materi perkuliahan yang disajikansecara terorganisir dan terstruktur, sedangkan metode perkuliahan yang dikembangkanterbagi menjadi dua yaitu secara kelompok dan individu. Hasil penelitian ini adalahmeningkatnya partisipasi peserta didik sebanyak 80% yang diukur menggunakan skalalikert.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal is media for strenghtening communication, research and revelopment of educational sciences. High quality open access peer reviewed research journal in field of education focusing on learning innovations, social science education, linguistics education, sport science education, ...