AL-KILMAH
Vol. 1 No. 2 (2022): December 2022. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora

Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Penerapan Kaidah Mudhaf-Mudhaf Ilaih

Yumin Saleh (IAIN Sultan Amai Gorontalo)
Damhuri (IAIN Sultan Amai Gorontalo)
Ratni Bt Hj Bahri (IAIN Sultan Amai Gorontalo)
Muhammad Zaki (IAIN Sultan Amai Gorontalo)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah yakni, 1) bagaimana tingkat kesalahan mahasiswa semester 4 dalam menerjemahkan kaidah mudhaf mudhaf ilah?, 2) Bagaimana bentuk-bentuk kesalahan terjemahan mahasiswa? 3) Faktor apa yang menyebabkan terjadinya kesalahan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dialami mahasiswa dalam menerjemahkan kaidah mudhaf mudhaf ilaih pada mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab semester 4. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan bahasa Arab semester 4 Gorontalo sejumlah 23 mahasiswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesalahan dalam menerjemahkan kosakata sebesar 76.74. dengan kategori kesalahan dalam kosakata sangat tinggi sebesar 43.5 %, kesalahan dalam menerjemahkan dengan kategori tinggi sebesar 52.2 %, sedangkan mahasiswa yang mengalami kesalahan dengan kategori sedang sebesar 4.3 %. Adapun tingkat kesalahan dalam menerjemahkan kaidah idhafah dengan nilai rata-rata 88.26. Dengan kategori, 73.9 % mahasiswa mengalami kesalahan dalam menerjemahkan dengan kategori sangat tinggi, sedangkan mahasiswa yang mengalami kesalahan dengan kategori tinggi sebesar 26.1 %. Kesalahan ini terjadi karena kurangnya pengetahuan mahasiswa tentang kaidah mudhaf-mudhaf ilaih. sehingga mahasiswa sulit menyusun kalimat mudhaf-mudhaf ilaih.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AL-KILMAH

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AL-KILMAH Journal; published twice a year since 2022 (June and December), is a multilingual (Bahasa Indonesia, Arabic, and English). This journal is published by Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Department of Arabic Language Education, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia. Editors welcome ...