Penelitian dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 4 Kaliuntu.Rendahnya hasil belajar IPS disebabkan oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dalam penelitian ini, guru menerapkan teknik permainan ABC yang merupakan salah satu jenis permainan tradisional. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 4 Kaliuntu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan nilai rata-rata adalah 72,89 dan persentase ketuntasan klasikal 71%. Pada siklus II hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan menjadi 80,13 dengan persentase ketuntasan klasikal 82%. Target penelitian telah tercapai pada siklus dua yaitu nila rata-rata hasil belajar siswa berdasarkan PAP masuk kategori tinggi sehingga disimpulkan bahwa penggunaan teknik permainan ABC dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 4 Kaliuntu Tahun 2018/ 2019.
Copyrights © 2023