Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVB SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media audio visual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri 3 Banjar Jawa yang berjumlah 32 siswa dengan 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif bentuk isian (fill in test). Hasil penelitian ini menunjukkan persentase rata-rata hasil belajar IPA pada siklus I adalah 71% berada pada kriteria sedang dan pada siklus II adalah 87.9% berada pada kriteria tinggi. Dengan demikian, persentase rata- rata hasil belajar IPA siswa secara klasikal meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 16.9%. Selanjutnya, banyaknya siswa yang memperoleh skor 85 pada siklus I adalah 53.1% (17 siswa) dari 32 siswa dan pada siklus II adalah 81.2% (26 siswa) dari 32 siswa memperoleh skor 85. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 16.9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVB SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2018/2019.
Copyrights © 2023