Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan media film dalam menceritakan kembali isi cerita fantasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII – 7 SMP Negeri 2 Singaraja yang terdiri dari 32 orang siswa. Bentuk analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pada analisis siklus 1, kuantitas siswa yang mendapat nilai minimal 75 yaitu sebanyak 20 atau 62,5%, Sedangkan pada siklus II kuantitas siswa yang mendapat nilai minimal 75 sebanyak 28 orang atau mencapai 87,5%. Hasil analisis siklus I tentang presentase hasil belajar pengetahuan bahasa Indonesia dalam menceritakan kembali isi cerita fantasi mencapai 62,5 % berada pada kategori cukup. Sedangkan siklus II mencapai 87,5 % berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media film dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dalam menceritakan kembali isi cerita fantasi kelas VII–7 di SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019.
Copyrights © 2023