Siswa yang kurang memahami pembelajaran online khususnya pelajaran IPA. Hal ini karena kurangnya kemampuan guru dalam menerapkan teknologi dan membuat media pembelajaran. Hal berdampak pada kemampuan, minat, motivasi, dan hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan video pembelajaran berlandasan Tri Hita Karana pada materi ekosistem kelas V SD. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan model 4-D . Subjek penelitian terdiri dari 2 ahli media, dan 2 ahli materi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data penelitian ini yaitu ratting scale. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian yang diberikan oleh ahli materi I yaitu 98,66% dan materi II 96%. Rata-rata penilaian yaitu 97,33% (kualifikasi sangat baik). Hasil penilaian ahli media I yaitu 96% dan ahli media II yaitu 93.,33%. Rata-rata penilaian yang diberikan ahli media yaitu 94,66% (sangat baik). Disimpulkan bahwa video pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran. Video pembelajaran dapat menumbuhkan minat belajar IPA.
Copyrights © 2023