Jurnal Seumubeuet
Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal Seumubeuet

Pola Asuh dan Hambatan Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Pada Anak Remaja

Ali, Syamsuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Anak merupakan harapan orang tua dimasa mendatang. Anak yang shalih dan shaliha terbentuk melalui proses pengasuhan kedua orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana cara pola asuh orang tua yang memiliki anak berusia 15-18 tahun dalam upaya menanamkan nilai religius yakni ibadah dan nilai akhlak di desa lubuk leban kecamatan sosoh buay rayap kabupaten ogan komering ulu provinsi sumatera selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini diperoleh secara langsung dari orang tua, anak remaja dan beberapa aparat pemerintahan desa. Data sekunder diperoleh dari teori, jurnal, artikel, buku, dokumentasi serta berkas yang bersifat mendukung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa para orang tua mempunyai cara tersendiri dalam mengasuh anaknya. Diantaranya pola asuh kurang tegas, bersifat nasihat, permisif, otoriter dan baik hati namun kurang tegas. Pola asuh yang paling dominan diterapkan oleh orang tua yaitu pola asuh pengabaian (uninvolved parenting), orang tua tidak banyak terlibat terhadap kehidupan anak dan cendrung mengabaikan kehidupan anak. Hambatan yang di hadapi orang tua dalam mendidik anak remaja yaitu: Anak sering membantah dan sulit diatur, kurangnya waktu bersama anak dikarnakan kesibukan orang tua yang kebanyakan berprofesi sebagai petani, pengaruh gadget, internet serta game online.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsmbt

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

JURNAL SEUMUBEUET adalah jurnal di bidang pendidikan, khususnya Pendidikan Islam, berbagi pengetahuan dan informasi tentang seluruh aspek pendidikan Islam yang terintegrasi dengan semua ilmu pengetahuan, mempublikasikan artikel yang berkualitas untuk menunjukkan perkembangan pendidikan di dunia ...