cover
Contact Name
Amiruddin
Contact Email
seumubeuet@gmail.com
Phone
+6285191816778
Journal Mail Official
seumubeuet@ymal.or.id
Editorial Address
Jl. Line Pipa Desa Seuneubok, Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe, Aceh
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Seumubeuet
ISSN : -     EISSN : 29637368     DOI : -
JURNAL SEUMUBEUET adalah jurnal di bidang pendidikan, khususnya Pendidikan Islam, berbagi pengetahuan dan informasi tentang seluruh aspek pendidikan Islam yang terintegrasi dengan semua ilmu pengetahuan, mempublikasikan artikel yang berkualitas untuk menunjukkan perkembangan pendidikan di dunia Islam, dan tujuannya adalah untuk menyebarkan karya-karya asli dan isu-isu terbaru tentang Bidang tersebut, lihat informasi lebih lanjut https://ejournal.ymal.or.id/index.php/jsmbt/Focus_Scope
Articles 52 Documents
Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Ruang Kelas Mata Pelajaran SKI di Mi Miftaahul Hudaa Depok Nafisatun Nadhifah; Siskha Putri Sayekti; Akbar Fahlevi
Jurnal Seumubeuet Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Seumubeuet
Publisher : Yayasan Madinah Al-Aziziyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to describe the performance of teacher skills in managing classrooms at MI Miftaahul Hudaa Depok. Class V MI teachers are able to manage classes well with limited school facilities. The teacher is able to manage classes with limited teacher skills. The teacher is able to manage classes. with skills the teacher is able to make the class active, and students can easily understand the SKI learning explained by the grade V teacher. These skills should be mastered by the teacher, especially for elementary school teachers in dealing with children's behavior that is truly unique. This study uses a qualitative research method to describe teacher skills in managing classrooms with limited facilities, which aims to find out teachers in managing SKI learning classrooms at MI Miftaahul Hudaa Depok. making SKI learning which is usually boring become more interesting, Improving their professional skills in managing the learning process in class. *After conducting research, it was found that the teacher's skills in classroom management based on the teacher's position as educational designer are controlling the classroom, seating, arranging learning places, and arranging class beauty. On the other hand, the position as an organizer is a teacher forming an organizational structure, compiling picket notes, and forming student study groups. There is also for the position of being a motivator, the teacher provides motivation in the form of applause, praise, intermezzo, and ice breaking to students. Create a supervisor position where the learning outcomes of the students will not be good either. Thus it can be concluded that classroom management is one of the determining variables on learning outcomes.
استخدام المدخل الاتصالي لترقية مهارة الكتابة في الفصل الخامس بمعهد أم الأيمان بوتري Murdani; Abdullah, Amiruddin; Rahmawati; Ibrahim, Nurbaiti
Jurnal Seumubeuet Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Seumubeuet
Publisher : Yayasan Madinah Al-Aziziyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini melihat bagaimana penggunaan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan keterampilan menulis pada semester V di Ummul Ayman Putri, dan apakah penggunaan pendekatan komunikatif efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis pada semester V di Ummul Ayman Putri. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan tes prestasi. yaitu pretest, dan posttest. Objek penelitian adalah mahasiswi semester lima dan diangkat oleh mahasiswi untuk semester lima. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah penggunaan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan keterampilan menulis pada semester lima di Ummul Ayman Putri mengambil tempat dimana hanya sebagian siswa yang tidak masuk pelajaran karena sakit Peneliti memulai penelitian dengan pre-test untuk mengetahui kemampuan menulis siswa Kemudian menulis diajarkan dengan menggunakan pendekatan komunikatif menulis kali. Dan dilakukan post-test dari waktu ke waktu selama aplikasi untuk mengukur pertumbuhan kemampuan menulis siswa Penggunaan pendekatan komunikatif efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis pada semester lima di Ummul Ayman Putri, dengan bukti bahwa ada perbedaan antara kompetensi menulis siswa setelah menerapkan pendapatan komunikatif dengan sebelumnya, dan yang tampak pada analisis data terdapat nilai z hitung = -3,691 dan nilai z tabel adalah -1,66 - dan untuk z hitung < z tabel, maka ditolak dan ha diterima sampai benar dikatakan pendekatan komunikatif efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis.
Peran Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab Mira Ulfa
Jurnal Seumubeuet Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Seumubeuet
Publisher : Yayasan Madinah Al-Aziziyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab telah menjadi hal yang umum di era digital saat ini. Artikel ini bertujuan untuk menyajikan sejumlah referensi dan sumber daya yang relevan dengan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab. Artikel ini memperkenalkan beberapa jenis media audio visual, termasuk video, audio, dan animasi, serta membahas cara penggunaannya dalam pembelajaran bahasa Arab. Artikel ini juga mengeksplorasi beberapa manfaat penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab, termasuk peningkatan keterampilan berbicara, pemahaman, dan keterampilan menyimak. Artikel ini termasuk studi library research. Hasil kajian ditemukan bahwa Peran media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab sangat penting, karena media ini dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Meskipun penggunaannya masih terbatas, namun penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan memperoleh motivasi yang lebih untuk belajar. Selain itu, televisi pendidikan juga dapat digunakan sebagai media untuk menyajikan materi bahasa Arab yang menarik dan memberikan gambaran tentang kejadian-kejadian dalam kehidupan nyata. Dalam mengombinasikan media audio visual dengan materi tertulis, perlu diperhatikan bahwa keduanya harus saling sesuai dan mendukung untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal.
Kepemimpinan Efektif Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Di SMP Negeri 1 Meureudu Pidie Jaya Masrizal Mukhtar
Jurnal Seumubeuet Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Seumubeuet
Publisher : Yayasan Madinah Al-Aziziyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan efektif dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Negeri 1 Meureudu Pidie Jaya dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan efektif dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Negeri 1 Meureudu Pidie Jaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, dengan sifat deskriptif melalui pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta mengunakan analisis data content analysis. Hasil penelitian yang dicapai adalah kepemimpinan efektif dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Negeri 1 Meureudu Pidie Jaya diterapkan dalam hal kepemimpinan yang berorientasi pada kemampuan bertugas dan hubungan antar manusia. Kepemimpinan yang berorientasi pada kemampuan bertugas adalah adil, bijak, tegas, memberikan wewenang sesuai dengan kemampuan, menyediakan fasilitas yang memadai, dan menjadi teladan. Sedangkan yang berorientasi pada hal hubungan antar manusia telah diterapkan dalam kerja sama antar semua komponen, baik para guru, orang tua siswa, maupun masyarakat. Faktor pendukung yaitu kepala sekolah yang profesional dan kerja keras, adanya pembiasaan yang baik, adanya media dan fasilitas belajar, sebagian besar siswa patuh, sopan dan disiplin dan adanya perhatian dan kasih sayang, dan dukungan keluarga. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya kepedulian guru, strategi dan sistem yang kurang efektif, sebagian siswa tidak patuh, dan siswa dari latar belakang yang berbeda, sebagian orang tua yang tidak perhatian, pergaulan dan pengaruh budaya kurang baik.
Konsep Pengajaran Maharah Al Kalam Pada Tingkat Pemula Bani Amin
Jurnal Seumubeuet Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Seumubeuet
Publisher : Yayasan Madinah Al-Aziziyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk Konsep Pengajaran Maharah Al Kalam Pada Tingkat Pemula. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, dengan model study literature. Hasil kajiannya ditemukan bahwa pengajaran maharah al kalam pada tingkat pemula dapat dilakukan dengan berbagai teknik pembelajaran yang meliputi pembelajaran dialogis, role-play, games, penggunaan media audio dan video, latihan tulisan, simulasi, penggunaan buku teks dan bahan bacaan lainnya, serta penggunaan internet dan teknologi. Teknik-teknik pembelajaran tersebut bertujuan untuk membantu siswa memperoleh kemampuan berbicara dalam bahasa Arab dengan lancar dan akurat, serta memperkaya kosakata dan pemahaman konsep. Dalam pembelajaran maharah al kalam, penting juga untuk menekankan pada pengembangan keterampilan berbahasa lainnya seperti maharah al-istima'. Materi pembelajaran juga sangat menentukan dalam mencapai tujuan pembelajaran maharah al kalam. Oleh karena itu, guru perlu memilih materi yang tepat dan relevan dengan kebutuhan siswa. Dalam pengajaran maharah al kalam, guru harus bertindak sebagai fasilitator yang membantu siswa memahami materi dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara dan berdiskusi mengenai topik yang telah disiapkan. Dengan demikian, pengajaran maharah al kalam pada tingkat pemula memerlukan pendekatan yang kreatif dan inovatif agar siswa dapat memperoleh kemampuan berbahasa Arab yang optimal.
Penerapan Metode Tutor Sebaya Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas XII MAS Ummul Ayman Samalanga Tahun Pelajaran 2021/2022 Mujiburrahman Mujiburrahman
Jurnal Seumubeuet Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Seumubeuet
Publisher : Yayasan Madinah Al-Aziziyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Ummul Ayman Samalanga merupakan sebagai bagian yang integral dari Pendidikan Agama. Pembelajaran Al-Qur’an Hadis memang bukan satu-satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik. Tetapi secara subtansial mata pelajaran Al-Qur’an Hadis memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktekkan nilai-nilai agama, sebagaimana terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadis dalam kehidupan mereka sehari-hari. Peneliti tertarik untuk melihat hasil dari penerapan metode Tutor Sebaya terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas XII MAS Ummul Ayman Samalanga tahun pelajaran 2021/2022. Tutor sebaya di sini dimaksudkan sebagai sosok pembimbing atau pihak yang menfasilitasi akan suatu hal (kegiatan belajar), yang diambil dari sekelompok peserta didik yang dipandang memiliki kemampuan lebih dibanding teman-teman yang lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Tutor sebaya dalam belajar Al-Qur’an Hadis dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII MAS Ummul Ayman Samalanga Tahun Pelajaran 2021/2022. Pada akhirnya, meningkatnya hasil belajar Al-Qur’an Hadis tersebut berdampak baik pada pencapaian tujuan pembelajaran Al-Qur’an Hadis, yaitu siswa mampu memahami materi Al-Qur’an Hadis dan juga mempraktekkan materinya tersebut dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam ajaran Islam.
Performansi Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara Marlina Marlina; Nurmala Nurmala
Jurnal Seumubeuet Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Seumubeuet
Publisher : Yayasan Madinah Al-Aziziyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teacher performance in teaching is one of the characteristics that need to be ideally implemented in classroom learning. This is an important factor to contribute in improving student academic achievement in elementary school. This thesis tried to examine the teacher performance in classroom management, lesson delivery, and evaluating skills in elementary schools in Islamic studies education subject in Dewantara sub-district, Aceh Utara district. The study was a field study with qualitative approach. It was conducted in several public elementary schools: SDN 1, SDN 3, SDN 12, and SDN 15, in Dewantara sub-district, Aceh Utara district. The techniques of data collection included interview, observation, and documentation. The data were then analyzed by data reduction, data display, and data verification. The results of the study showed that the performance in classroom management has been good. The teachers could control the classroom well, adapt with the students, and deliver the lesson properly. Thus, the learning process was run effectively. Further, the teachers have already put their maximum efforts in delivering the lesson, made necessary adjustments in their classroom, as well as asked the students if they had any problems during class. The evaluation was done by giving the students multiple choice test, essay test, oral test, and homework. Monthly exams were also given to the students as part of the classroom evaluation.
Storytelling: Satu Paket Pengenalan Cerita Rakyat Nusantara dan Penanaman Pendidikan Karakter pada Siswa Edy Kisyanto
Jurnal Seumubeuet Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Seumubeuet
Publisher : Yayasan Madinah Al-Aziziyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Terdapat cukup banyak media yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran pada anak, salah satunya adalah storytelling. Storytelling atau bercerita memiliki banyak manfaat berdasarkan apa yang disampaikan oleh para ahli. Indonesia yang memiliki berbagai ragam budaya, tentu saja memiliki ragam cerita yang patut untuk terus dilestarikan. Hal ini karena cerita rakyat merupakan warisan leluhur yang sarat dengan ajaran nilai budaya atau nilai moral. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mendeskripsikan bagaiman storytelling dapat menjadi satu paket lengkap untuk mengajarkan atau mengenalkan cerita rakyat serta sekaligus menanamkan penedidikan karakter melalui nilai yang terkandung dalam cerita tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah library research, dimana sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari berbagai buku, artikel ilmiah, laman, dan sebagainya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para ahli menyebutkan banyak sekali benefit dari penggunaan storytelling sebagai media pembelajaran. Sehingga, dapat dikatakan bahwa storytelling dapat menjadi media yang tepat untuk proses penanaman pendidikan karakter melalui cerita yang disampaikan
Manajemen Pembiayaan Pendidikan Islam dalam Peningkatan Mutu Layanan di MIS Tahfidz Ash-Habul Kahfi Beran Jawa Timur Fakarotul Karimah
Jurnal Seumubeuet Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Seumubeuet
Publisher : Yayasan Madinah Al-Aziziyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan diskripsi tentang kegiatan perencanaan pembiayaan pendidikan (budgeting), pelaksanaan pembiayaan pendidikan (actuating), dan pengawasan pembiayaan pendidikan (controlling). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan obervasi dan Dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, perencanaan pembiayaan pendidikan (budgeting) merupakan proses mempersiapkan rangkaian keputusan untuk mengambil tindakan yang dijabarkan dalam konsep real untuk menjalankan kehidupan madrasah mendatang dengan pembiayaan yang terprogramkan untuk mencapai tujuan dan menghasilkan desain ideal, hasil perencanaan berupa efisiensi anggaran, pemaksimalan fungsi manajemen dan kebutuhan siswa terakomodir. Kedua, pelaksanaan pembiayaan pendidikan (actuating) sebagai proses implementasi pembiayaan pendidikan melibatkan pelaksana bertindak sesuai perencanaan dengan petunjuk teknis BOS, pentingnya orientasi dan menggerakkan operator agar visi tercapai, dengan prosedur mengedepankan prinsip actuating dan kehati-hatian. Actuating membutuhkan pengorganisasian  yang memperhatikan ketersediaan sumber daya dan memanfaatkan segala sesuatu yang telah ada sebagai bahan pertimbangan untuk mengorganisasikan program. Ketiga, pengawasan pembiayaan pendidikan (controlling) berfungsi memonitoring seluruh aktifitas penggunaan pembiayaan anggaran pendidikan, mencegah terjadinya kesalahan, dan mencegah penyimpangan, kenyataannya masih terdapat pembiayaan yang tidak tercantum dalam APBM, sehingga diperlukan tambahan biaya  dari sumber lain. Keempat, mutu pendidikan Islam menjadi sasaran pertama dan utama masyarakat atau pihak pelanggan karena pemenuhan sarana penunjang pendidikan serta pembelajaran yang tuntutannya semakin hari semakin bertambah dan beraneka ragam yang akhirnya menjadi perhatian bagi setiap lembaga pendidikan.
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk Agus Dwi Santosa; Wulan Nur Anggraini
Jurnal Seumubeuet Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Seumubeuet
Publisher : Yayasan Madinah Al-Aziziyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kedisiplinan merupakan ketaatan dan kepatuhan terhadap hukum, undang- undang peraturan, ketentuan dan norma yang berlaku harus disertai kesadaran dan keikhlasan hati. Namun seiiring perkembangan zaman nilai kedisiplinan semakin memudar dan tata tertib sekolah hanya sebagai simbol saja. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut strategi guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk adalah  dengan: melalui pembiasaan, dengan contoh teladan, dengan penyadaran, dengan pengawasan atau kontrol, dan pemberian hukuman. Faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Prambon Nganjuk adalah, faktor pendukung yang berasal dari: kesadaran diri siswa, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dimana anak berbaur dan ekstrakurikuler. Sedangkan faktor penghambatnya hampir sama dengan faktor pendukungnya, dari: kesadaran diri yaitu minat, bakat dan motivasi membuat siswa tidak dapat disiplin, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, Teman sebaya berperan sebagai pemberi nasehat, jika memberikan hal yang positif maka akan menimbulkan kepribadian yang baik, karakter siswa yang berbeda-beda sulit untuk guru memberikan strategi, dam pemberian hukuman yang tidak membuat jera.