ABSTRAK Caring adalah salah satu aspek yang wajib dimiliki perawat. Caring merupakan kepedulian perawat dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien. Adanya perilaku caring yang dimiliki perawat, pasien merasa diperhatikan. Perilaku caring ditunjukkan dengan keramah tamahan perawat, senyuman, lemah lembut, empati, komunikasi, serta mendengarkan dengan seksama keluhan pasien. Perilaku caring inilah yang membuat pasien merasa puas dengan layanan keperawatan yang diberikan. Perilaku caring tidak hanya mampu meningkatkan kepuasan pasien tetapi juga mampu memberi keuntungan bagi rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi literatur perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di rumah sakit. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur dengan mencari artikel penelitian menggunakan databsae google cendekia berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, kata kunci yang digunakan yaitu caring perawat dan kepuasan pasien, didapatkan 11 arikel yang sesuai. Hasil studi literatur ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di rumah sakit. Diharapkan perawat mempunyai perilaku caring yang baik guna meningkatkan kepuasan pasien. Kata kunci : Caring, Kepuasan Pasien, Perawat.
Copyrights © 2024