Penelitian ini untuk mencari jawaban tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindakan perbaikan mutu madrasah. Pendekatan penelitian yang dipilih adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik Analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yaitu; Pertama, Perencanaan mutu melibatkan pihak yayasan dan seluruh pengelola. Kedua, Pelaksanaan mutu direncanakan sebelumnya oleh masing-masing madrasah berbentuk isi kurikulum, berupa kurikulum 2013 dan KTSP. Ketiga, Pelaksanaan monitoring dan evaluasi mutu dilakukan secara internal dan eksternal. Keempat, Perbaikan mutu yang dilaksanakan olehi pengelola dan penyelenggara madrasah dalam hal ini pihak yayasan. Dari hasil identifikasi masalah tersebut kemudian dijadikan sebuah alur perbaikan yang nantinya dijadikan persiapan program untuk mewujudkan madrasah lebih bermutu di masa mendatang. Kelima, Manajemen mutu yang diterapkan memiliki beberapa kesamaan dan perbedaan. Kesamaannya memiliki kesepakatan bersama untuk senantiasa melakukan pengembangan manajemen mutu untuk menjadi lebih baik. Perbedaan pada standar mutu yang digunakan sesuai dengan rujukan masing-masing yang dipakai berdasarkan latar belakang pendidikan para pengasuh lembaga Pendidikan
Copyrights © 2023