Al I'tibar Jurnal Pendidikan Islam
Vol 10 No 2 (2023): : Jurnal Pendidikan Islam: Al I'tibar

Implementasi Metode Bin-Nadzar Dalam Pembelajaran Tahfidz Di SMPIT Ar-Rahmah Pacitan

Muhammad Latief Pujianto (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Nurul Latifatul Inayati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi metode bin-nadzar dalam pembelajaran tahfidz di SMPIT Ar-Rahmah Pacitan kelas VIII grade B tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik penggumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang pertama yaitu terdapat perencanaan penerapan metode bin-nadzar yang ditandai dengan adanya pengelompokan siswa dalam kegiatan pembelajaran serta adanya penyusunan rencana kegiatan pembelajaran seperti silabus dan RPP. Kedua, pelaksanaan metode bin-nadzar dalam pembelajaran tahfidz ini ditunjukkan melalui kegiatan pendahuluan dengan membaca do’a belajar. Lalu dilanjutkan kegiatan inti dengan melaksanaan hafalan tambahan serta muroja’ah dengan membaca dan melihat mushaf Al-Qur’an secara mandiri yang kemudian dilanjutkan dengan setoran kepada guru pengampu. Terakhir yaitu kegiatan penutup, dilaksanakan dengan penyampaian evaluasi dan motivasi. Kemudian hasil yang ketiga, terdapat faktor pendukung dan penghambat implementasi metode bin-nadzar. Adapun faktor pendukung meliputi: 1) adanya perencanaan pembelajaran. 2) rasa semangat pada diri siswa. 3) tingkat kecerdasan siswa. 4) kondisi psikologi siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu meliputi: 1) rasa malas dan kurangnya motivasi pada diri siswa. 2) tingkat kecerdasan yang kurang dari beberapa siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPIA

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al I`tibar Jurnal Pendidikan Islam is a Islamic education journal published with a view to facilitating academics and researchers to publish their research results in the field of Islamic Education Innovation and ...