Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang peneliti lakukan terhadap siswa-siswi di SMA Pelita Tiga Jakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembiasaan tadarus Al-Quran berpengaruh signifikan terhadap pendidikan karakter di SMA Pelita Tiga Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari pembiasaan tadarus Al-Quran terhadap pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembiasaan tadarus Al-Quran terhadap pendidikan karakter pada siswa. Tadarus Al-Quran yang merupakan kegiatan membaca, memahami, dan menghayati Al-Quran secara rutin dinilai memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk karakter positif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei yang melibatkan mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur frekuensi tadarus dan indikator karakter seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, dan empati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara intensitas tadarus Alquran dengan peningkatan kualitas karakter siswa. Siswa yang melakukan tadarus lebih rutin cenderung menunjukkan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam aspek kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, dan empati dibandingkan dengan yang tidak.
Copyrights © 2024