Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang prinsip-prinsip dan metode supervise manajerial untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Data deskriptif dari berbagai buku, artikel, dan jurnal tentang supervisi manajemen untuk meningkatkan pengelolaan sekolah yang efektif digunakan dalam jenis penelitian kualitatif ini. Untuk melaksanakan supervisi manajerial, pengawas dapat menggunakan teknik supervisi individu atau kelompok. Teknik supervisi individu melibatkan pengawasan yang diberikan kepada kepala sekolah atau anggota staf lainnya yang menghadapi masalah individu. Teknik supervisi kelompok melibatkan pengawasan yang diberikan kepada dua atau lebih orang. Analisis kebutuhan menunjukkan bahwa kepala sekolah yang mungkin memiliki masalah atau kelemahan yang sama dikumpulkan atau digabungkan. Selanjutnya, mereka menerima layanan supervisi sesuai dengan masalah atau kebutuhan mereka. Salah satu bagian dari pengawasan kualitas pendidikan yang dilakukan oleh pengawas satuan pendidikan adalah melakukan observasi menyeluruh terhadap proses pembelajaran di sekolah dan memberikan umpan balik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang prinsip-prinsip dan metode supervisi manajemen untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data sekunder, yaitu buku-buku dan arikel yang relevan, digunakan sebagai sumber data.
Copyrights © 2024