Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK)
Vol 2 (2019): SNISTEK

Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Menjadi Inovatif dengan Menggunakan Teknologi Smartphone

Muhammad Taufik Syastra (Unknown)
Amrizal Amrizal (Universitas Putera Batam)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2021

Abstract

Dalam perkembangannya, UMKM mengalami kendala yang datang dari internal dan eksternal. Kendala internal adalah (1) 60-70% UMKM belum mendapatkan akses pembiayaan perbankan; (2) Kurangnya pengetahuan mengenai teknologi produksi terbaru; (3) Pemasaran produk masih cara sederhana; (4) Mayoritas belum memiliki badan hukum; (5) Mayoritas belum memiliki sistem administrasi keuangan dan manajemen yang baik. Sedangkan kendala dari eksternal adalah (1) Koordinasi antar stakeholder belum padu; (2) Kebanyakan UMKM menggunakan teknologi yang masih sederhana; (3) Keterbatasan akses terhadap bahan baku. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, UMKM perlu melakukan inovasi terhadap produk/jasa yang ditawarkan. Inovasi tentu melibatkan teknologi atau disebut dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tujuan penelitian adalah (1) Menguraikan strategi UMKM menggunakan Teknologi Smartphone dalam menjalankan usaha secara inovatif; (2) Menerapkan strategi menjalankan usaha secara inovatif pada Usaha Mikro. Jenis dari penelitian ini adalah kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis SWOT. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Jumlah usaha yang dijadikan sumber data (informan) adalah sebanyak 11 (sebelas) usaha mikro pada sektor kuliner. Sumber data lainnya menggunakan hasil-hasil penelitian terdahulu dan pengamatan pada media sosial. Strategi yang dirumuskan diterapkan pada 1 (satu) usaha yang bersedia untuk dibimbing dalam menghasilkan inovasi produk. Kesimpulan penelitian adalah (1) Strategi usaha mikro dan kecil menjadi inovatif adalah dengan menggunakan aplikasi media sosial: Pinterest, Instagram, Youtube untuk mencari informasi tentang produk-produk inovatif, serta memanfaatkan layanan on demand service (GoFood/Grab Food) untuk memasarkan/menjual produk; (2) Strategi usaha mikro dan kecil menjadi inovatif telah diterapkan pada 1 (satu) usaha dan telah menghasilkan 2 (dua) menu baru.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

prosiding

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

SNISTEK adalah sebuah acara akademik yang prestisius dan berkualitas, yang diadakan setiap tahun dengan tujuan untuk mendukung pertukaran pengetahuan, ide, dan temuan terbaru dalam bidang ilmu sosial dan teknologi. Seminar ini merupakan platform ideal bagi para ilmuwan, peneliti, praktisi, dan ...