Room of Civil Social Development
Vol. 3 No. 5 (2024): Room of Civil Society Development

Penguatan Lembaga dan Guru dalam Penanganan dan Pencegahan Bullying, Kekerasan Seksual dan Intoleransi di SMA Negeri 2 Merauke

Mudatsir Mudatsir (Universitas Musamus, Merauke, Indonesia)
Santy Monica (Universitas Musamus, Merauke, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada pencegahan dan penanganan bullying, kekerasan seksual, dan intoleransi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan mengatasi isu-isu kritis ini di lingkungan sekolah. Program ini dilaksanakan melalui serangkaian tahapan yang meliputi identifikasi kebutuhan, pengembangan materi penyuluhan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi efektivitas. Dalam rangka mendukung guru, pelatihan ini meliputi keterampilan dalam menangani bullying, kekerasan seksual dan intoleransi, strategi komunikasi yang efektif, serta teknik manajemen konflik dan pengembangan keterampilan sosial. Selain itu, para peserta pelatihan juga diberikan pemahaman mendalam tentang hak asasi manusia, nilai-nilai toleransi dan empati, serta pentingnya membangun hubungan yang sehat di sekolah. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kesadaran dan pemahaman guru terhadap isu-isu tersebut, yang berdampak positif pada terciptanya lingkungan sekolah yang lebih aman dan inklusif. Kolaborasi antara semua pihak yang terlibat dalam penanganan bullying, kekerasan seksual, dan intoleransi diharapkan dapat menghasilkan perubahan yang konstruktif, mengurangi tingkat bullying, dan menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi siswa dalam proses belajar dan berkembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

rcsd

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Room of Civil Society Development (RCSD) is a community service-oriented journal that focuses on advancing theories, research, and practices in community participation and empowerment. The journal explores innovative approaches to fostering active participation of communities ...