Upadhyaya : Jurnal Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2021): Volume 2 Nomor 2 April 2021

PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI SMA DHARMA PRAJA DENPASAR

Ida Bagus Gede Raditya Oka Dharma (Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)
I Ketut Sudarsana, (Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)
I Made Gede Anadhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran pendidikan agama Hindu adalah upayadalam mengembangkan kreativitas belajar siswa dan meningkatkan kualitas belajar pesertadidik. Adapun rumusan masalah yang akan dibahas antara lain: 1) bagaimana rancangan dalampembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis teknologi informasi di SMA Dharma PrajaDenpasar? 2) bagaimana penerapan pembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis teknologiinformasi di SMA Dharma Praja Denpasar? 3) bagaimana dampak penerapan pembelajaranpendidikan agama Hindu berbasis teknologi informasi dalam mengembangkan kreativitasbelajar siswa di SMA Dharma Praja Denpasar? Teori yang digunakan adalah teorikonstruktivisme dan teori behaviorisme. Metode pengumpulan data; observasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kulitatif, dengan tiga model yaitu reduksidata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan 1) rancanganpembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis teknologi informasi di SMA Dharma PrajaDenpasar adalah dengan menyusun RPP berbasis TI antara lain: menyusun kompetensi inti,kompetensi dasar, indikator pembelajaran, tujuan, materi, model, dan media pembelajaran. 2)Penerapan pembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis teknologi informasi di SMADharma Praja Denpasar, dalam penerapannya dilakukan dengan tiga tahap yaitu (a) kegiatanawal; (b) kegiatan inti; (c) kegiatan akhir. 3) dampak penerapan pembelajaran pendidikanagama Hindu berbasis teknologi informasi dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa diSMA Dharma Praja Denpasar yaitu (a) dampak positif; mempermudah guru dalammenyampaikan materi pembelajaran, mengembangkan kreativitas belajar siswa dalammengolah materi pembelajaran menjadi lebih menarik untuk dipelajari; (b) dampak negatif;keterbatasan guru memperhatikan kegiatan siswa saat proses pembelajar berlangsung danjaringan internet yang kurang stabil.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

UP

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Upadhyaya : Jurnal Penelitian Pendidikan Fakultas Dharma Acarya merupakan wadah yang menampung artikel-artikel mahasiswa dan dosen terkait penelitian pendidikan yang berfokus pada Pendidikan Agama, Pendidikan Bahas Bali, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan ...