Lubna: Journal of Islamic Elementary Education
Vol. 1 No. 1 (2024): Lubna : Journal of Islamic Elementary Education

PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH

Laila (Unknown)
Noor Fitriah (STAI Darul Ulum Kandangan)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Strategi pembelajaran sangat penting khususnya pada proses pembelajaran yang akan mempengaruhi peningkatan proses belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang digunakan yaitu strategi reading guide. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh strategi reading guide terhadap kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MIN. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa tes, observasi, dokomentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi MIN dan sampel nya kelas IIIA dan IIIB. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh Strategi Reading Guide terhadap kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III MIN. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t ?test memperoleh nilai Sig. sebesar 0.000 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang dimana HO tidak terdapat pengaruh sigifikan dan Ha terdapat pengaruh yang sigifikan. Hasil analisis korelasi diperoleh nilai r untuk mengetahui korelasi antara variabel bebas strategi reading guide (X) terhadap variabel terikat kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan (Y) dengan korelasi didapat nilai R sebesar 0.695, jikaa dilihat dari tingkat korelasi dan kekuatan hubungan nilai R tergolong kuat. Keywords : Strategy, Reading Guide, Understanding Reading Content, Indonesian

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lubna

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal studies the theories and practices of primary education and expresses original research searches and current issues. This journal is OPEN access, and peer-reviewed journal to discuss new findings in elementary education, especially at elementary schools. This journal publishes original ...