Lubna: Journal of Islamic Elementary Education
Vol. 1 No. 2 (2024): Lubna : Journal of Islamic Elementary Education

KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK: PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING

Ayu Reza Ningrum (UIN Raden Intan Lampung)
Nur Asiah (UIN Raden Intan Lampung)
Dhea Nanda Ivanna (UIN Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Problem Solving terhadap kemandirian peserta didik kelas III SD Negeri 3 Sukaraja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan adalah quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SD Negeri 3 Sukaraja tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 50 peserta didik yang terdistribusi dalam dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dan terpilih siswa pada kelas III A sebanyak 25 peserta didik dan III B sebanyak 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan pda semester genap tahun ajaran 2023/2024 di SD Negeri 3 Sukaraja. Dilihat dari analisis data yang digunakan uji lilifors dan uji-t. Dilihat dari hasil independen sample test dapat disimpulkan bahwa dari perolehan perhitungan hasil independen sample test didapatkan hasil bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu 0,001 yang berarti bahwa jika nilai signifikansi (2-tailed) <0,05 maka Ho di tolak Ha diterima ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dan variabel akhir. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh penggunaan Metode Problem Solving Terhadap kemandirian belajar siswa SD Negeri III Sukaraja Tanggamus. Hal ini memberikan informasi bahwa kemandirian belajar peserta didik dengan Metode Problem Solving lebih tinggi dari pada kemandirian belajar peserta didik dengan model konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Metode Problem Solving terhadap kemandirian peserta didik. Kata kunci: Kemandirian Belajar, Metode Problem Solving.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lubna

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal studies the theories and practices of primary education and expresses original research searches and current issues. This journal is OPEN access, and peer-reviewed journal to discuss new findings in elementary education, especially at elementary schools. This journal publishes original ...