Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kebutuhan pengembangan E-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik) berbasis nilai-nilai budaya lokal (etnosains) guna meningkatkan keterampilan bernalar kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial). Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif, yang menggabungkan angket dengan skala Likert dan wawancara. Hasil survei yang melibatkan 30 siswa menunjukkan adanya preferensi yang kuat terhadap media yang mengintegrasikan budaya lokal dan mendorong pembelajaran kreatif serta interaktif. Para guru juga menekankan pentingnya media yang dapat meningkatkan keterampilan bernalar kritis dan keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang ada saat ini dirasa belum cukup untuk mendukung pengembangan bernalar kritis dan pemahaman konsep-konsep IPAS. Wawancara dengan guru mengungkapkan kesepakatan mengenai kebutuhan akan E-LKPD yang dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan dengan budaya. Temuan ini menunjukkan bahwa E-LKPD yang dirancang dengan pendekatan etnosains akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan keterlibatan dan keterampilan bernalar kritis siswa di kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan media seperti itu dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar dan membantu siswa lebih memahami serta menerapkan konsep IPAS.
Copyrights © 2025