Pemahaman konteks dalam pembelajaran Bahasa Inggris sangat penting untuk mendukung kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa secara fungsional dan sesuai situasi. Namun, pendekatan konvensional sering kali tidak mampu menyediakan pengalaman belajar yang nyata dan bermakna, khususnya bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konteks Bahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan 34 siswa yang dibagi dalam dua kelompok: eksperimen (AR) dan kontrol (konvensional). Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis AR berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman konteks, sedangkan keterlibatan siswa tidak menunjukkan pengaruh yang berarti secara statistik. Model regresi memiliki nilai R² sebesar 0.557, yang menunjukkan kontribusi kuat dari variabel perlakuan. Temuan ini merekomendasikan pemanfaatan teknologi AR dalam pembelajaran bahasa di tingkat dasar
Copyrights © 2025