Fenomena influencer yang memamerkan terkait keberhasilan investasi membuat masyarakat terutama anak muda cenderung melakukan herding behavior dalam pengambilan keputusan investasi dan tidak sedikit anak muda yang melakukan kesalahan pengelolaan emosional terkait investasi. Hal ini menandakan bahwa banyak anak muda sudah mengenal apa itu investasi namun analisis yang dilakukan tidak komprehensif sehingga melakukan herding behavior dalam berinvestasi. Banyak investor pemula dari kalangan anak muda di Surabaya yang minim akan pengalaman serta pengetahuan mengenai investasi yang dapat menyebabkan mereka bertindak irasional dan mendapatkan hasil investasi yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh herding behavior yang kerap muncul di kalangan investor muda terhadap keputusan investasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Teknik simple random sampling berjumlah 400 anak muda di wilayah Surabaya. Data primer yang digunakan dalam penelitian diperoleh melalui kuisioner yang kemudian dianalisis dengan SmartPLS 4.0, hasil penelitian ini menunjukan Herding Behavior berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Investasi, Overconfidence berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Investasi, dan Herding Behavior berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Investasi yang diperlemah oleh Literasi Keuangan dan Overconfidence berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Investasi yang diperlemah oleh Literasi Keuangan.
Copyrights © 2025