RESISTOR: Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik
Vol 2 No 2 (2024): Edisi November 2024

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Model PDEODE Berbantuan PhET Simulation Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep

Jayati (Unknown)
Sahara, La (Unknown)
Hunaidah (Unknown)
Sukariasih, Luh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis strategi PDEODE dengan bantuan simulasi PhET pada materi listrik dinamis. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Subjek penelitian meliputi LKPD dan peserta didik kelas XII IPA di SMA Negeri 2 Raha. Data dikumpulkan melalui lembar validasi kelayakan LKPD dan angket respon peserta didik. Hasil pengembangan menunjukkan LKPD model PDEODE valid dengan koefisien reliabilitas yang tinggi. Model ini terbukti praktis dan efektif dalam meningkatkan kompetensi penguasaan konsep peserta didik, seperti yang terlihat dari n-gain yang tinggi dan perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest. Respons dari guru dan peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan LKPD PDEODE juga sangat positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Other

Description

Resistor: Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik menerbitkan artikel penelitian tentang model/metode Pembelajaran Pendidikan Vokasional Teknik, Strategi Pembelajaran Pendidikan Vokasional Teknik, Media Pembelajaran Pendidikan Vokasional Teknik, Pembelajaran TIK Pendidikan Vokasional Teknik, Literasi ...