Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini terlebih dahulu divalidasi oleh 3 orang ahli. Selanjutnya, Produk diujicoba di kelas XI SMA Negeri 1 Watopute untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan penggunaan Media Pembelajaran. Kepraktisan penggunaan media pembelajaran diperoleh dengan menggunakan angket respons guru dan angket respons peserta didik. Sedangkan keefektifannya diperoleh dengan melihat peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik menggunakan test. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa produk media pembelajaran pada aspek media dan aspek materi yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan kevalidan sebesar 0,82 dan 0,84 dengan kategori validitas sangat baik “Valid”, keefektifan yang dinilai berdasarkan peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan skor rata-rata n-gain sebesar 0,71 dan 0,76 atau dengan kata lain nilai N-gain yang diperoleh dikategorikan tinggi “Efektif”, serta kepraktisan yang diperoleh dari respon guru sebesar 91% dan respon peserta didik sebesar 91,9% dengan kategori sangat baik “Praktis”, kemudian hasil pengamatan guru pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 memperoleh penilaian dan persentase 72,5 (90,6%) dengan kategori sangat baik “Praktis”.
Copyrights © 2024