Tujuan utama dari setiap kegiatan belajar mengajar adalah tercapainya tujuan pengajaran secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam dakwah, khutbah, dan tabligh melalui metode drill dan demonstrasi, serta pengaruhnya terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus mencakup perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi, serta revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI RPL 1 SMK Negeri 1 Sukatani, dengan data diperoleh dari hasil tes formatif dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan peserta didik dari siklus I (65,85%) ke siklus II (78,00%). Kesimpulannya, metode drill dan demonstrasi berkontribusi positif terhadap kemampuan dakwah peserta didik dan dapat diterapkan sebagai alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Islam. The primary goal of any teaching activity is to achieve instructional objectives effectively and efficiently. This study aims to assess the improvement of students’ abilities in preaching, sermons, and tabligh using demonstration and Drill methods, as well as their impact on students' motivation in Islamic Religious Education. Conducted in two cycles, each cycle includes planning, action and observation, reflection, and revision stages. The research targeted Class XI RPL 1 students at SMK Negeri 1 Sukatani, gathering data from formative test results and observation sheets. Findings reveal a rise in student competence from Cycle I (65.85%) to Cycle II (78.00%). In conclusion, the demonstration and Drill methods positively influence students' preaching skills and serve as an alternative teaching approach for Islamic Education.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025