Globalisasi telah membawa dampak yang signifikan terhadap pembelajaran bahasa Arab di Indonesia, yang telah mengalami transformasi dari masa ke masa. Globalisasi dengan segala dinamika dan kompleksitasnya, memberikan dampak besar pada pembelajaran bahasa Arab melalui pengaruh teknologi, perubahan kurikulum, serta diversifikasi tujuan pembelajaran. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis studi literatur, penelitian ini menunjukan bahwa globalisasi memberikan peluang besar untuk meningkatkan akses pembelajaran bahasa Arab melalui aplikasi daring, media digital, dan platform berbasis teknologi. Bahasa Arab yang sebelumnya berfokus pada kebutuhan keagamaan kini telah meluas penggunaannya ke bidang diplomasi, ekonomi, dan akademik. Namun globalisasi juga membawa beberapa tantangan seperti dominasi bahasa asing yang mengurangi penggunaannya di berbagai aspek kehidupan dan rendahnya penguasaan teknologi di kalangan pendidik. Transformasi pembelajaran ini membutuhkan upaya adaptasi metode pembelajaran yang inovatif. Penguasaan teknologi, serta pengembangan kurikulum yang relevan dengan tuntutan zaman. Penelitian ini menegaskan bahwa meskipun globalisasi menghadirkan tantangan, peluang besar tetap terbuka untuk mempertahankan eksistensi bahasa Arab melalui pendekatan pembelajaran yang modern dan inklusif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025