Gifted: Journal of Early Childhood Education
Vol. 1 No. 1 (2023)

Peningkatan Kreativitas Anak melalui Media Plastisin Tepung pada Anak Usia Dini

Joni Joni (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Mohammad Fauziddin (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Minarni Minarni (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kreativitas anak di kelompok A TK An-Nur Hangtuah dan ini mempengaruhi proses pembelajaran secara keseluruhan oleh karenanya penelitia mengajukan suatu alternatif pemecahan masalah berupa pembelajaran berbantuan media plastisin tepung. Metode penelitian yang diterapkan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahapan yakni tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, tahapan observasi dan tahapan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi, adapun teknik analisis data adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian diketahui adanya peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan media plastisin tepung pada kelompok A TK An Nur Hangtuah Perhentian Raja Kampar Tahun Ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gifted

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Gifted: Journal of Early Childhood Education is an open access peer-reviewed scientific journal published by Departemen Penelitian dan Pengembangan, Perkumpulan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (PPS PAUD Indonesia). The journal publishes different kinds of scientific ...