Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam membangun dasar perkembangan kognitif, sosial, dan motorik anak. Salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan kreativitas anak adalah pembelajaran tematik, yang menghubungkan konsep pembelajaran dengan tema tertentu secara kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pembelajaran tematik dengan tema kendaraan dalam meningkatkan kreativitas anak di RA Ya Bunayya, yang dilakukan oleh mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) STAIN Madina. Metode yang diterapkan meliputi observasi awal, pelaksanaan program pembelajaran interaktif seperti membuat miniatur kendaraan, bermain peran, serta evaluasi hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik kendaraan mampu meningkatkan keterampilan motorik, daya imajinasi, kemampuan sosial, serta antusiasme belajar anak. Faktor pendukung keberhasilan pembelajaran ini adalah metode yang berbasis pengalaman langsung serta peran aktif mahasiswa dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Namun, masih terdapat kendala seperti keterbatasan media pembelajaran dan perbedaan kemampuan anak dalam memahami materi. Dengan demikian, pembelajaran tematik kendaraan dapat menjadi alternatif metode dalam meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar anak usia dini.
Copyrights © 2025