Peran guru BK sangat penting, salah satunya dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Karena pada usia remaja, siswa cenderung labil dalam menentukan masa depan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai peran dan penerapan program yang dilakukan oleh guru BK terhadap siswa SMPN 2 Sukaraja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenos penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dan sumber data diperoleh dari guru BK, dan 42 orang siswa kelas VIII H. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan kepada guru BK, dan observasi dilakukan kepada 42 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis tentang peran guru BK dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar merupakan sesuatu yang penting dalam perkembangan diri siswa, baik dari dalam diri ataupun luar diri. Adanya motivasi membuat siswa semangat dalam belajar, dan terarah dalam menentukan masa depan. Selain itu, menjadikan banyak pengetahuan dalam diri siswa yang sebelumnya hendak diketahui sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun terdapat beberapa siswa yang terlihat malas, namun mereka masih ada keinginan untuk belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025